Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Resapan Sunan Kudus Ditemukan

Kompas.com - 03/11/2011, 14:37 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah menemukan sumur resapan di kompleks Masjid Menara Kudus. Sumur itu berada di bawah bangunan pawestren atau tempat shalat perempuan.

Ahli pencari dan penata batu BP3 Jateng, Rabiman, Kamis (3/11/2011), di Kudus, Jawa Tengah, mengatakan, BP3 Jateng menemukan tiga sumur resapan. Ketiga sumur resapan itu berjarak 3-4 meter dari sumur utama.

Kedalaman sumur itu sekitar dua meter. Sumur itu memiliki diameter 1,20 meter.

"Konstruksinya sumur terbuat dari batubata merah seperti batubata merah Menara Kudus. Uniknya, batubata itu dipasang melingkar tanpa bahan perekat," kata dia.

Staf dokumentasi dan informasi Yayasan Masjid Menara dan Makan Sunan Kudus, Denny Nurhakim, mengemukakan, sumur itu merupakan temuan penting. Dari temuan itu dapat diketahui bahwa Sunan Kudus sudah memikirkan konservasi air.

"Air tidak dibuang ke sungai, tetapi di simpan dalam sumur resapan untuk menjaga keutuhan sumber air sumur utama," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com