Sumur Resapan Sunan Kudus Ditemukan

Kompas.com - 03/11/2011, 14:37 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

KUDUS, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah menemukan sumur resapan di kompleks Masjid Menara Kudus. Sumur itu berada di bawah bangunan pawestren atau tempat shalat perempuan.

Ahli pencari dan penata batu BP3 Jateng, Rabiman, Kamis (3/11/2011), di Kudus, Jawa Tengah, mengatakan, BP3 Jateng menemukan tiga sumur resapan. Ketiga sumur resapan itu berjarak 3-4 meter dari sumur utama.

Kedalaman sumur itu sekitar dua meter. Sumur itu memiliki diameter 1,20 meter.

"Konstruksinya sumur terbuat dari batubata merah seperti batubata merah Menara Kudus. Uniknya, batubata itu dipasang melingkar tanpa bahan perekat," kata dia.

Staf dokumentasi dan informasi Yayasan Masjid Menara dan Makan Sunan Kudus, Denny Nurhakim, mengemukakan, sumur itu merupakan temuan penting. Dari temuan itu dapat diketahui bahwa Sunan Kudus sudah memikirkan konservasi air.

"Air tidak dibuang ke sungai, tetapi di simpan dalam sumur resapan untuk menjaga keutuhan sumber air sumur utama," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.