Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bambang Dharmono: Separatis Juga Perlu Disadarkan

Kompas.com - 31/10/2011, 11:22 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Letnan Jenderal (Purn) Bambang Dharmono, mantan Sekretaris Jenderal Pertahanan Nasional (Sekjen Wantannas) yang akan dilantik sebagai Ketua Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), mengatakan, kelompok separatis Papua sebetulnya adalah Warganegara Indonesia (WNI) yang perlu disadarkan.

"Mereka juga WNI. Kita perlu menjalin komunikasi dan menuntaskan akar masalah yakni integrasi sosial Papua agar setara dengan seluruh WNI," kata Bambang di Jakarta, Senin (31/10/2011).

Bambang mengatakan, Aceh bisa didamaikan sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa mewujudkan perdamaian di Papua. Dia bertekad untuk menjalin komunikasi dengan semua kelompok di Papua termasuk dengan kubu yang bersebarangan dengan pemerintah untuk membangun pengertian mereka.

Penasehat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Velix Wanggai, menyebut Bambang Dharmono diminta presiden menyelesaikan pelbagai persoalan di Papua sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2011 yang dikeluarkan September 2011 tentang UP4B (Kompas 31/10).

Velix Wanggai menjelaskan, UP4B akan memadukan pembangunan di Papua dan Papua Barat dengan pendekatan sosial, politik dan budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com