Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Inovasi Dibangun di Palu dan Katingan

Kompas.com - 26/10/2011, 14:57 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com Kementerian Perindustrian akan membangun pusat inovasi rotan di Palu, Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Pusat inovasi di Palu direncanakan mendalami mebel, sementara di Katingan untuk non-mebel.

Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Dedi Mulyadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (26/10/2011), mengatakan, pembangunan pusat inovasi akan dimulai pada tahun 2012. Pada tahun yang sama, pusat inovasi direncanakan sudah dapat beroperasi.

Pusat inovasi menjalankan tiga fungsi, yaitu meningkatkan kualitas, pelatihan, serta penelitan dan pengembangan produk. Di Indonesia terdapat sekitar 300 jenis rotan. Berbagai jenis rotan itu akan disesuaikan untuk produk jadi yang cocok dengan bahan baku tersebut melalui peran pusat inovasi.

Sebagai upaya mendorong pemanfaatan potensi itu, Kementerian Perindustrian telah menyampaikan rencana kerja sama dengan Kementerian Kehutanan yang sudah disambut baik. "Sekarang, produk yang memberikan nilai transaksi besar masih mebel. Akan tetapi, banyak potensi dari produk lain yang belum digali," tutur Dedi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com