Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, 230 Gerbong KA Tambahan Masuk Indonesia

Kompas.com - 22/10/2011, 23:09 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2012, pemerintah akan memasukan 150 hingga 230 gerbong kereta tambahan dari Jepang untuk memperkuat perjalanan atau trip kereta di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.

Dana yang digunakan untuk membeli gerbong-gerbong tersebut adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2012 yang dialokasikan untuk Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

"Anggaran yang dialokasikan pada tahun 2012 mencapai lebih dari Rp 8 triliun. Ini berarti bertambah sekitar 100 persen dibandingkan tahun 2011. Dan ini juga untuk pertama kalinya anggaran untuk perkeretaapian di Kementerian Perhubungan menjadi yang tertinggi dibandingkan moda transportasi lain," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Jakarta, Sabtu (22/10/2011).

Menurut Bambang, anggaran tersebut akan dibagi untuk dua kebutuhan utama. Pertama, membangun jalur ganda antara Semarang-Surabaya yang masih terputus. Kedua, pengadaan gerbong.

"Anggaran untuk 150 gerbong sudah pasti sedangkan sisanya (hingga menjadi 230 gerbong) masih dalam negosiasi," ujar Bambang.

Adapun pembangunan jalur ganda Semarang dan Surabaya dibutuhkan agar jalur Jakarta hingga Surabaya seluruhnya sudah mempunyai jalur ganda. "Kami ingin ini selesai segera," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com