Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Orang Papua Ditemukan Tewas

Kompas.com - 20/10/2011, 15:00 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Sehari setelah pembubaran Kongres Rakyat Papua III oleh aparat gabungan TNI dan Polri, Kamis (20/10/2011), ditemukan dua warga tewas. Kedua jenazah ditemukan di Bukit Heram di belakang kompleks Korem 172 Praja Wira Yakthi Abepura, Papua.

Ditemui di Kantor Kepolisian Sektor Abepura, Kepala Kepolisian Resor Kota Jayapura Ajun Komisaris Besar Imam Setiawan dan Komandan Kodim 1701 Jayapura Letkol Infantri Rano Tilaar mengatakan, kedua pria itu diduga tewas karena luka tusuk dan tebasan senjata tajam.

Kedua korban ditengari merupakan anggota Penjaga Tanah Papua (Petapa) yang dalam Kongres Rakyat Papua III bertugas sebagai penjaga keamanan. Imam Setiawan mengatakan, salah satu korban, DK, terluka pada bagian kepala dan MS luka pada bagian paha kanan.

Imam Setiawan menegaskan, saat membubarkan Kongres Rakyat Papua III dan menangkap peserta kongres tersebut, aparat gabungan tidak melakukan pengejaran dan penyisiran hingga ke bukit dan gunung. Bahkan, ia menduga ada kelompok lain yang mencoba memanfaatkan situasi dan menempatkan aparat sebagai pihak yang bertanggung jawab atas tewasnya kedua korban.

Kamis siang ini sempat beredar informasi telah ditemukan satu lagi korban tewas atas nama Y. Namun, polisi masih belum bisa memastikan identitas korban.

Kondisi Abepura hingga Kamis sore tampak seperti biasa. Toko-toko yang sebelumnya tutup telah kembali aktif seperti semula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com