Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Butuh 38.200 Hewan Kurban

Kompas.com - 18/10/2011, 16:26 WIB
M Clara Wresti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kebutuhan hewan kurban di DKI Jakarta pada Idul Adha 1432 Hijriah ini diperkirakan 38.200 ekor. Terdiri dari 8.000 sapi, 200 kerbau, dan 30.000 kambing. Kebutuhan ini sama dengan kebutuhan tahun lalu.

Walau kebutuhan hewan kurban sama, Dinas Peternakan dan Perikanan DKI berharap jumlah tempat penampungan menyusut. Pada 2010 lalu terdapat 1.439 tempat penampungan dan 1.847 tempat pemotongan hewan kurban.

"Kami berharap tempat-tempat penampungan itu menyusut sehingga kami lebih mudah dalam pengawasannya ," kata Ipih Ruyani, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan DKI Jakarta.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban merupakan upaya Pemrov DKI Jakarta dalam memberikan kepastian untuk melindungi warga Jakarta.

Pemeriksaan ini juga instruksi dari Gubernur, untuk menjamin kesehatan hewan kurban sehingga layak untuk dikonsumsi. Untuk itu Dinas Peternakan dan Perikanan DKI Jakarta telah melatih 690 orang petugas pemeriksa hewan kurban. Mereka akan masuk ke tempat-tempat penampungan hewan akan diintensifkan mulai H-7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com