Sengketa Perbatasan Bertahun-tahun

Kompas.com - 11/10/2011, 01:52 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Sengketa lokasi perbatasan antara Indonesia dan Malaysia sudah berlangsung bertahun-tahun. Di Kalimantan saja, setidaknya terdapat sepuluh lokasi perbatasan seluas sekitar 4.800 hektar yang diklaim secara sepihak oleh Malaysia.

Menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Jakarta, Senin (10/10), Indonesia dan Malaysia sudah membahas masalah perbatasan di Kalimantan pada tahun 1978 di Semarang. Ke depan, pertemuan akan dijadwalkan kembali.

Di Kalimantan, sebagian lokasi perbatasan yang masih menjadi sengketa terdapat di Kalimantan Barat, seperti di Tanjung Datu, Gunung Raya, Sungai Buah, dan Batu Aum. Sebagian lainnya terdapat di Kalimantan Timur, seperti Sungai Simantipal. Sungai Sinapad, dan Pulau Sebatik (Kompas, 7/11/2009).

Gamawan memastikan, masalah perbatasan dengan Malaysia sampai saat ini masih dalam tahap perundingan. Karena itu, belum ada penegasan wilayah Indonesia dan Malaysia. ”Karena itu, jangan buru-buru kita sebut mereka mencaplok. Setiap saat kita masih berunding dengan Malaysia,” tuturnya.

Komisi I DPR memang menilai terjadi pergeseran patok di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Camar Bulan dan Tanjung Batu, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Namun, sejauh ini belum terlihat tindakan atau protes pemerintah.

Selain itu, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sudah menetapkan 111 kecamatan sebagai prioritas pengelolaan perbatasan. Namun, Gamawan mengatakan tak ingat secara rinci wilayah yang diprioritaskan itu.

Secara terpisah di Jakarta, Senin, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Joko Suyanto menambahkan, saat ini di daerah perbatasan sedang dilakukan pembangunan ekonomi dan infrastruktur yang dilakukan BNPP. Hal ini antara lain untuk mencegah kepindahan warga Indonesia ke negara tetangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengakui, situasi perbatasan Indonesia dengan Malaysia, Singapura, Timor Leste, Filipina, Australia, dan Papua Niugini berbeda-beda. (ina/ong/edn/pra)



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.