LBH Semarang Dirikan Posko Perlindungan Anak

Kompas.com - 07/10/2011, 18:51 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SEMARANG, KOMPAS.com — Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang akan mendirikan posko pengaduan hak anak untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak. Pendirian posko ini merupakan tindak lanjut Pelatihan Hak Asasi Manusia (HAM) dan Perlindungan Anak yang diselenggarakan sejak September.

Kepala Program YLBHI-LBH Semarang Erwin Dwi Kristianto, Jumat (7/10/2011), mengatakan, pelatihan HAM dan Perlindungan Anak yang digelar LBH Semarang dan AUSAID diikuti masyarakat sipil (komite sekolah), lurah, dan aparat penegak hukum kepolisian (Babinkamtibmas).

"Menyamakan persepsi kepada unsur masyarakat sipil (komite sekolah), lurah, dan Babinkamtibmas terkait dengan perlindungan bagi masyarakat sipil menjadi penting karena target akhir dari rangkaian kegiatan ini adalah pendirian posko pengaduan di tingkat komunitas," ujar Erwin.

Menurut Erwin, selain pelatihan, rencananya mulai bulan November akan digelar lokakarya tentang mekanisme penanganan anak yang berkonflik dengan hukum dan mekanisme pengaduan.

Mengenai pelatihan HAM dan Perlindungan Anak yang dimulai sejak 10 September, hingga kini telah dilakukan enam kali pelatihan, dengan jumlah 198 peserta pelatihan dari 67 kelurahan di Kota Semarang, Jateng.

Pada pelatihan tersebut, peserta memperoleh materi metode pendidikan orang dewasa, pengantar HAM, HAM anak, dan restorative justice. Pemateri adalah Asep Mufti dan Andiyono dari YLBHI-LBH Semarang serta Iranita dari Yayasan Setara.

Pelatihan tersebut ditargetkan diikuti hingga 330 peserta. Diharapkan pelatihan tersebut dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman dasar dari peserta mengenai HAM dan perlindungan anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.