Muhammadiyah Tidak Dilibatkan Deradikalisasi

Kompas.com - 03/10/2011, 22:45 WIB
Penulis Iwan Santosa
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com Ketua Umum Pengurus Pusat  Muhammadiyah Dien Syamsuddin menyesalkan tidak dilibatkannya ormas Islam, termasuk Muhammadiyah, dalam upaya deradikalisasi kelompok teroris.

"Selama ini kami tidak pernah sama sekali dihubungi untuk dilibatkan dalam upaya menangkal terorisme. Kami tidak pernah diberitahu, di mana kantong-kantong jaringan teroris yang selama ini diberitakan pemerintah sudah diketahui dan terpantau," kata Dien seusai memberikan kata sambutan dalam acara "Diskusi RUU Intelijen, Proyek Anti Terorisme atau Otoritarianisme?" di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Senin (3/10/2011).

Menurut Dien, jika dilibatkan, Muhammadiyah, termasuk kampus-kampus Muhammadiyah, siap merangkul kelompok radikal dan membuka dialog agar gagasan kekerasan bisa diredam.

Dien menyayangkan adanya tindakan terorisme berkelanjutan yang disinyalir oleh banyak pihak menjadi "proyek permanen" penguasa atau aparat.

"Densus 88 seperti jadi pemain tunggal dalam penanganan teroris. Padahal, yang penting adalah menjangkau kelompok radikal untuk mengubah pemikiran. Aktor intelektual terorisme selama ini tidak pernah ada yang dibekuk. Yang ditindak hanyalah aktor lapangan," tandas Dien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.