Puisi Perdamaian Jusuf Kalla untuk Ambon

Kompas.com - 02/10/2011, 09:35 WIB
EditorNasru Alam Aziz

AMBON, KOMPAS.com -- 400 tahun lalu dunia mencarimu/ Dunia ingin hidup nyaman darimu/ Karena engkau adalah sumber keharuman

5 tahun lalu engkau terkoyak/ Bangsa ini sangat tersayat/ Dan dunia ikut tersentak

Hari ini engkau bangun dengan senyum simpul/ Bangsa juga turut tersenyum... Waktunya membangun negeri ini/ Dengan semangat Pattimura yang perkasa itu

Karena sumber keharuman dan kehidupan/ Akan bangkit kembali dari ufuk timur/ Ambonku, Ambon kita semua!

Penggalan puisi "Ambonku, Ambon Kita Semua" itu terpasang pada baliho besar di satu titik jalan menuju bandara di Kota Ambon. Puisi itu adalah karya Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia yang punya hubungan emosional yang erat dengan Ambon.

Maklum saja, Kalla adalah mediator perjanjian Malino tahun 2002, salah satu upaya untuk mendamaikan konflik di Ambon sejak tahun 1999.

Atas jasanya itu, politisi yang kini menjadi Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu diangkat sebagai warga kehormatan Kota Ambon dengan julukan "Upulatu Melmaluku".

"Saya bukan seniman, tapi saya pernah membuat puisi. Tahun 2004, saat di pesawat yang 30 menit lagi mau mendarat, tiba-tiba saja saya ingin membuat puisi. Itu puisi saya yang pertama dan terakhir," kata Kalla, Minggu (2/10/2011) di Ambon.

Puisi itu mendapat sambutan hangat saat dibacakan pada forum dialog tokoh-tokoh pimpinan Maluku di kantor Gubernur Maluku, Sabtu. Tak lama kemudian, ternyata puisi itu sudah dipasang di sudut Kota Ambon.

Sebagaimana Kalla, warga Ambon memang menginginkan daerahnya damai, tak lagi dibayangi konflik sebagaimana meletup tahun 1999.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.