WP Pribadi Ditargetkan Naik 3 Kali Lipat

Kompas.com - 30/09/2011, 13:39 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany menargetkan kenaikan wajib pajak orang pribadi tiga kali lipat dengan diadakannya Sensus Pajak Nasional yang berlangsung mulai hari ini, Jumat (30/9/2011). Adapun wajib pajak (WP) badan usaha ditargetkan naik 10 kali lipat.

"Kalau untuk WP orang pribadi, berdasarkan basis data kami. WP orang pribadi yang belum bayar pajak tentunya kami imbau untuk bayar pajak," ujar Fuad seusai menghadiri peluncuran Sensus Pajak Nasional (SPN) di Jakarta Utara, Jumat.

Fuad mengatakan, SPN akan dilakukan di semua kota di Indonesia, utamanya di Pulau Jawa. Ini mengingat Pulau Jawa merupakan pusat perekonomian nasional.

Mengenai target tambahan pajak orang pribadi, Fuad berharap akan ada tambahan sebanyak 3 juta WP. Selama ini, sebenarnya, lanjut dia, ada penambahan WP orang pribadi secara natural tiap tahun sebanyak 1 juta WP. "Dengan adanya sensus ini, jumlah WP bisa naik 3 kali lipat dari semestinya," ungkapnya.

Sementara itu, mengenai WP badan usaha, ia mengingatkan setiap badan usaha yang berdomisili di Indonesia dan mengalami peningkatan ekonomi harus membayar pajak.

Kondisi saat ini, baru ada 466 badan usaha yang menyerahkan SPT dari total 12 juta badan usaha. "Kami usahakan dalam tiga tahun ke depan itu (badan usaha yang menyerahkan SPT) bisa naik 10 kali lipat," ujar Fuad.

Dengan begitu, pada akhir 2014, target Dirjen Pajak adalah 5 juta badan usaha sudah bayar pajak. Akan tetapi, ia enggan untuk menyebutkan target untuk WP orang pribadi yang akan membayar pajak pada tahun yang sama. Ia beralasan, WP orang pribadi sulit untuk diakses. "Kalau (WP orang) pribadi saya masih agak susah untuk target angka-angka," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.