Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sekadar Ganti

Kompas.com - 24/09/2011, 01:54 WIB

Jakarta, Kompas - Rencana Presiden untuk melakukan reshuffle kabinet hendaknya diletakkan dalam kepentingan yang lebih besar, yakni menyelamatkan Indonesia, dan bukan untuk kepentingan sesaat partai politik mempersiapkan Pemilihan Umum 2014.

”Reshuffle ini adalah momentum penting bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bagaimana nanti dia dikenang sebagai presiden yang mempunyai komitmen untuk pemberantasan korupsi,” kata peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jaleswari Pramodhawardhani, di Jakarta, Jumat (23/9).

Jaleswari juga berharap, reshuffle kabinet jangan hanya dimaknai sebatas penggantian menteri saja, tetapi harus diletakkan sebagai kerangka dasar memperbaiki kinerja kabinet atau sistem kabinet agar menjadi lebih baik. Hal ini karena di kampanyenya Presiden mengusung target pemberantasan korupsi.

Menurut Guru Besar Ilmu Politik Universitas Airlangga, Surabaya, Ramlan Surbakti, jika Presiden mau melakukan reshuffle, yang harus diperhatikan adalah memilih orang yang tepat untuk posisi tertentu. Artinya, ia memiliki keterampilan dan pengetahuan di kementerian yang akan dipimpinnya.

”Akan terlalu berbahaya jika memilih seseorang hanya mendasarkan pada pertimbangan politik semata,” kata Ramlan.

Hal lain yang juga penting terkait kerja menteri, menurut Ramlan, adalah pengendalian dari presiden. ”Apakah dia (menteri) mengerjakan apa yang diperintahkan Presiden? Presiden seharusnya secara periodik mengecek apa yang dikerjakan setiap menterinya,” kata Ramlan.

Soal isu reshuffle digunakan untuk mengumpulkan modal Pemilu 2014, menurut Ramlan, di Indonesia politik itu bisa mengontrol uang.

”Masuk ke dunia politik, jabatan menteri ataupun anggota DPR, jelas ini sumber keuangan untuk partai. Ini harus menjadi pertimbangan presiden dalam memilih menterinya. Pilihlah yang berdasarkan keahliannya. Jika berdasarkan keahlian, ia punya integritas dan tidak bisa diintimidasi pertimbangan-pertimbangan pragmatis,” katanya.

Percepatan perbaikan

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa menepis tudingan bahwa reshuffle kabinet kali ini merupakan bagian dari pengumpulan modal. Justru reshuffle kabinet kali ini untuk mempercepat perbaikan pemerintahan yang diharapkan membawa manfaat bagi rakyat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com