Presiden Hadiri Haul Syeikh Nawawi

Kompas.com - 23/09/2011, 19:50 WIB
EditorBenny N Joewono

BANTEN, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, Jumat (23/9/2011) menghadiri Peringatan Haul atau hari wafatnya Syeikh Muhammad Nawawi Al-Bantani yang dilangsungkan di Pondok Pesantren An-Nawawi di Tanara, Serang, Banten.

Turut hadir mendampingi Presiden, antara lain, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Menteri Agama Suryadharma Alie, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.

Acara tahunan ini juga dihadiri ribuan warga Banten serta santri salah satu pesantren terbesar di Banten tersebut. Mereka mulai berdatangan ke pesantren tersebut sejak sore hari. Rombongan Presiden disambut masyarakat Banten dengan meriah.

Bahkan, ribuan warga, termasuk pelajar dan pramuka, berjejer di sepanjang Jalan Serang untuk menyambut kehadiran Kepala Negara. Berdasarkan siaran pers yang diedarkan wartawan, Syeikh Nawawi merupakan seorang ulama besar yang lahir di Tanara, Serang, Banten, pada tahun 1813, dan wafat di Mekkah pada 1897.

Sebagian besar hidupnya dikatakan dicurahkan untuk belajar dan mengajar ilmu agama Islam di Masjidil Haram. Selain itu, ulama ini juga dikatakan menulis kitab-kitab tentang agama Islam di berbagai bidang.

Syeikh Nawawi telah menulis setidaknya 100 kitab yang mencakup berbagai bidang ilmu agama, seperti tafsir, hadits, ilmu Tauhid, Fiqh, tasawwuf, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.