Sensus Akan Kejar 1,5 Juta Wajib Pajak Baru

Kompas.com - 20/09/2011, 09:56 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Sensus yang digelar Direktorat Jenderal Pajak diharapkan akan merangkul sekitar 1,5 juta wajib pajak baru sejak dimulai pada 30 September 2011 hingga akhir tahun 2011 nanti.

Wajib pajak tersebut diharapkan berasal dari kalangan pekerja di pusat-pusat bisnis atau high rise building, pusat perbelanjaan, dan pemukiman di kota-kota besar di Indonesia.

"Kami jadwalkan sensus ini dimulai pada 30 September 2011 atau setelah Menteri Keuangan kembali dari kunjungan kerja di luar negeri," ujar Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmani di Jakarta, Selasa (20/9/2011) usai menghadiri rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan Agus Darmawan Wintarto Martowardojo.

Menurut Fuad, sensus diharapkan akan berlangsung hingga akhir tahun 2012. Namun pada tahap pertama, sensus tersebut akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2011.

"Kami akan lihat dulu dari sensus tahap awal ini, kalau ada kekurangan akan kami pelajari. Yang jelas kami ingin ada tambahan wajib pajak yang benar-benar membayar pajak. Mudah-mudahan kami semakin berpengalaman. Kami lihat kendala di lapangan agar meningkat terus," ujarnya.

Jumlah petugas sensus ini direkrut sebanyak 3.000 orang dan bukan PNS Ditjen Pajak. Setiap petugas sensus diharapkan mampu mewawancarai 10 wajib pajak dalam sehari. Dengan demikian dalam tiga bulan ke depan dapat dihimpun 1,5 juta wajib pajak baru. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.