Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

My Turn Beri Sensasi Baru Bermain "Board Game"

Kompas.com - 19/09/2011, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Ular tangga, monopoli, atau ludo merupakan permainan yang sangat lekat pada dunia anak-anak. Permainan ini relatif murah, menyenangkan dan bisa dimainkan beberapa orang sekaligus. Permainan juga bisa berlangsung cukup lama, bisa menjadi pengisi kebosanan di kala senggang.

Lukni Burhanuddin Ahmad, salah satu dari 20 finalis Djarum Black Innovation Award 2011 berniat membuat permainan-permainan tersebut semakin menyenangkan dengan menciptakan My Turn, perangkat dadu yang berbeda dari biasanya.

My Turn terdiri dari perangkat berbentuk seperti gurita dengan 6 lengan tentakel dan bola kecil. Setiap lengan tentakel memiliki lubang di atas menunjukkan angka 1-6 seperti pada dadu serta lubang bawah tempat keluarnya bola-bola keluar.

"Cara menggunakannya, bola dimasukkan dari atas dan nanti akan keluar dari lubang bawah," jelas Lukni. Tempat keluarnya lubang menunjukkan angka. Jika bola keluar dari lengan tentakel yang memiliki 6 lubang, maka angka yang ditunjuk adalah 6.

Dengan My Turn, Lukni yang merupakan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa pemakainya bisa mengkreasikan permainan baru dengan hasil karya tangannya. Permainan ular tangga misalnya, bisa dikreasikan menjadi gurita tangga.

"Kita juga bisa membuat permainan yang sama terasa berbeda," kata Lukni. Dihubungi Kompas.com pekan lalu, Lukni menambahkan, permainan yang sama pun akan menjadi lebih seru dan menyenangkan jika ada sesuatu yang berbeda dari cara ataupun alat untuk memainkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com