Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gresik Razia Kapal ke Ambon

Kompas.com - 15/09/2011, 02:56 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Tim gabungan Polres Gresik, Polsek KP3, Polair Polres Gresik, dan Administrator Pelabuhan Gresik melakukan sweeping pengiriman warga ke Ambon. Sweeping dilakukan terhadap kapal yang berangkat ke Indonesia timur, yaitu KM Lintas Damai I dan KM Kurnia Jaya Abadi I, Rabu (14/9/2011).

Anggota langsung turun melakukan pemeriksaan terhadap kapal dan setiap ruang anak buah kapal (ABK). Setelah memeriksa KM Lintas Damai I, tim langsung memeriksa ruangan KM Kurnia Jaya Abadi I. Tidak ada warga yang mencurigakan.

Meski begitu, petugas akhirnya mengumpulkan semua ABK kapal-kapal yang berlayar ke Indonesia timur di pelabuhan Gresik. Kepada semua ABK, Kasat Samapta Polres Gresik AKP Suharyo berpesan agar menolak semua warga yang hendak ikut ke Indonesia timur. Pasalnya, mereka dikawatirkan bakal menuju Ambon, dan dapat memperkeruh suasana Ambon yang sudah kondusif.

"Siapa pun itu yang hendak ikut harus dilarang. Kami khawatir mereka hendak menuju Ambon. Biarlah masalah Ambon ditangani aparat di sana," pesannya.

Nanang (23), ABK KM Kurnia Jaya Abadi I, mengaku bahwa kapalnya hendak berlayar ke Kumai, Kalimantan Tengah, dengan mengangkut pupuk, minyak goreng, dan minuman kaleng. "Kami tidak ada titipan barang atau orang ke Ambon sebab kami juga tidak pernah ke Ambon," akunya dengan polos.

Sementara itu, Kepala Adpel Gresik Abdul Aziz yang dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya bersama tim akan melakukan razia setiap saat. Kebetulan kemarin ada kapal jurusan Indonesia timur. Makanya, pihaknya merazia tiga kapal tersebut. "Kami tidak ingin Gresik menjadi pusat keberangkatan warga ke Ambon, apalagi mereka justru akan kian mengacau di Ambon," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com