KTP Elektronik di Salatiga Dimulai

Kompas.com - 13/09/2011, 10:53 WIB
EditorMarcus Suprihadi

SALATIGA, KOMPAS.com — Program KTP elektronik atau e-KTP di Kota Salatiga, Jawa Tengah, dimulai hari ini, Selasa (13/9/2011). Pelayanan KTP elektronik perdana ini akan diikuti oleh 80 warga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Salatiga Afif Zufroningdyah mengatakan, pelaksanaan KTP elektronik seharusnya dimulai bulan Agustus lalu. Namun, karena keterlambatan alat yang datang dari pusat,  pelaksanaannya mundur.

Hari ini pelayanan KTP elektronik baru dilaksanakan di Kecamatan Sidorejo, salah satu dari empat kecamatan yang ada di kota itu. Warga sudah mulai berdatangan mulai pukul 08.00 sejak loket pelayanan dibuka. Ada dua unit peralatan pembuatan KTP elektronik di lokasi itu.

Camat Sidorejo Noegroho mengatakan, ada 38.000 wajib KTP di kecamatan tersebut. Untuk awal, 80 warga yang tinggal di sekitar kantor kecamatan yang diundang pertana kali.

Amin Mintarso (45), warga Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, berharap dengan KTP elektronik proses pembuatan KTP menjadi lebih mudah dan murah. ”Sebelumnya kan harus mengurus di RT RW, pengantar dari kelurahan, baru buat di kecamatan. Sekarang bisa datang di satu tempat,” kata Amin.

Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Salatiga Wuri Pujiastuti mengatakan, KTP elektronik akan berwujud seperti SIM, tetapi lebih tebal karena lima dimensi. Selain memuat identitas, KTP elektronik juga memuat sidik jari, iris mata, serta tanda tangan penduduk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.