Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTP Elektronik di Salatiga Dimulai

Kompas.com - 13/09/2011, 10:53 WIB

SALATIGA, KOMPAS.com — Program KTP elektronik atau e-KTP di Kota Salatiga, Jawa Tengah, dimulai hari ini, Selasa (13/9/2011). Pelayanan KTP elektronik perdana ini akan diikuti oleh 80 warga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Salatiga Afif Zufroningdyah mengatakan, pelaksanaan KTP elektronik seharusnya dimulai bulan Agustus lalu. Namun, karena keterlambatan alat yang datang dari pusat,  pelaksanaannya mundur.

Hari ini pelayanan KTP elektronik baru dilaksanakan di Kecamatan Sidorejo, salah satu dari empat kecamatan yang ada di kota itu. Warga sudah mulai berdatangan mulai pukul 08.00 sejak loket pelayanan dibuka. Ada dua unit peralatan pembuatan KTP elektronik di lokasi itu.

Camat Sidorejo Noegroho mengatakan, ada 38.000 wajib KTP di kecamatan tersebut. Untuk awal, 80 warga yang tinggal di sekitar kantor kecamatan yang diundang pertana kali.

Amin Mintarso (45), warga Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, berharap dengan KTP elektronik proses pembuatan KTP menjadi lebih mudah dan murah. ”Sebelumnya kan harus mengurus di RT RW, pengantar dari kelurahan, baru buat di kecamatan. Sekarang bisa datang di satu tempat,” kata Amin.

Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Salatiga Wuri Pujiastuti mengatakan, KTP elektronik akan berwujud seperti SIM, tetapi lebih tebal karena lima dimensi. Selain memuat identitas, KTP elektronik juga memuat sidik jari, iris mata, serta tanda tangan penduduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com