Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

34 Komputer E-KTP Belum Tiba

Kompas.com - 12/09/2011, 23:37 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Hingga kini, realisasi program kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) untuk Kota Malang masih belum jelas. Penyebabnya, sebanyak 34 komputer yang dijanjikan pemerintah pusat tak juga dikirim.

Hal tersebut disampaikan Rahman Nurmala, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kepala Dispendukcapil) Kota Malang, Senin (12/9/2011). "Pemerintah pusat janji meminjamkan komputer untuk mendukung pelayanan E-KTP. Namun, sampai saat ini kami tidak menerima kabar kapan komputer itu akan dikirim ke Kota Malang," katanya.

Sesuai kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), kata Rahman, ada alat tambahan satu komputer per 15.000 penduduk di tiap daerah. Berdasarkan perhitungannya, Kota Malang mendapat 34 komputer pinjaman untuk mendukung program E-KTP.

"Kami tidak tahu kapan barangnya akan datang. Belum ada pemberitahuan dari Depdagri (Kemdagri). Perangkat pinjaman ini berbeda dengan komputer yang harus ada di tiap kecamatan. Kalau untuk yang di kecamatan, sudah ada dua komputer dari pengadaan Pemerintah Kota Malang (Pemkot Malang) sendiri," katanya.

Hanya, katanya, hal itu masih harus menunggu petugas dari konsorsium yang ditunjuk oleh Kemdagri untuk melakukan instalasi perawatan komputer. "Dari 5 kecamatan, dalam waktu dekat ini, instalasi baru untuk Kecamatan Lowokwaru," ujarnya. Setelah itu baru kecamatan lainnya.

Rahman berharap persoalan di kota pendidikan ini secepatnya bisa dirampungkan. "Setelah tahap instalasi selesai, masih harus dilakukan upgrade software aplikasi. Jika tahapan ini selesai, maka E-KTP baru bisa diberlakukan," ucapnya.

Ditanya kapan target E-KTP untuk di Kota Malang bisa terealisasi, Dispendukcapil Kota Malang tak berani memberikan jadwal secara pasti. Rahman hanya menambahkan, peningkatan di bidang sumber daya manusia sudah dilakukan dalam hal bimbingan teknis (bimtek) kepada petugas operator.

Bimtek sudah digelar sejak pertengahan Agustus lalu. Pemkot Malang sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 825 juta dari APBD 2011 Kota Malang untuk mendukung program E-KTP. Adapun jumlah warga yang wajib E-KTP di kota yang dipimpin Peni Suparto itu sebanyak 677.000 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com