Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 172 Kelurahan di Jakarta Layani e-KTP

Kompas.com - 06/09/2011, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 172 kelurahan dari 267 kelurahan di Jakarta sudah melayani warganya untuk pembuatan KTP elektronik atau e-KTP. Jumlah warga yang tercatat sudah membuat e-KTP pun semakin meningkat.

"Sudah 26.090 warga yang terlayani, termasuk kelurahan yang melakukan uji coba," kata Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Sulistyo Prabowo di Jakarta, Selasa (6/9/2011).

Sementara itu, ketersediaan alat sudah mencakup seluruh kelurahan di Jakarta. Namun, setiap kelurahan hanya memperoleh satu perangkat alat. Padahal, semestinya masing-masing mendapatkan dua perangkat alat mengingat banyaknya warga yang mesti dilayani.

"Ada beberapa kelurahan yang sudah dapat dua alat, seperti Kelurahan Menteng, Mampang, dan Cikoko," ujar Sulistyo.

Ia pun mengakui bahwa sejauh ini memang terjadi beberapa kendala, seperti aplikasi program yang masih terus dalam penyempurnaan. Tentu saja, yang menjadi pertanyaan saat ini apakah program e-KTP ini akan sesuai target menjangkau semua masyarakat di Indonesia?

"Kemdagri terus mengusahakan. Kita tunggu saja strateginya apakah bisa sesuai dengan target. Untuk Jakarta, tiap kelurahan per harinya cukup variatif jumlah penduduk yang terlayani," tutur Sulistyo.

Meski sudah banyak warga yang terlayani, Dinas Dukcapil DKI Jakarta masih belum dapat memastikan kapan e-KTP ini bisa dibagikan kepada warga yang sudah melakukan pendataan ulang. "Pencetakannya kan massal di Kemendagri. Jadi, kita tunggu saja," tandas Sulistyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com