Lebaran, 97 Napi Lapas Aceh Besar Dapat Remisi

Kompas.com - 01/09/2011, 01:10 WIB
EditorBenny N Joewono

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sebanyak 97 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kajhu Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1432 H.

"Narapidana di LP Kelas II A Kajhu mendapat remisi khusus antara 15 hari hingga dua bulan," kata Kepala LP Kajhu Kabupaten Aceh Besar, Ridwan Salam di Banda Aceh, Rabu (31/8/2011).

Ia mengatakan remisi khusus tersebut diberikan kepada napi yang beragama Islam, telah menjalani hukuman, mematuhi semua ketentuan yang berlaku, dan selalu menunjukkan perilaku baik.

Ridwan Salam mengatakan perbedaan remisi umum diberikan kepada narapidana pada HUT Kemerdekaan RI sementara remisi khusus untuk napi pada Lebaran 2011. "Para narapidana itu juga telah menjalani masa hukuman minimal enam bulan dan berkelakuan baik," katanya.

Menurutnya Lapas Kelas IIA Kajhu saat ini dihuni 400 tahanan dan narapidana, sebagian telah mendapat remisi umum pada HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2011.

Para narapidana binaan LP Kajhu tersebut telah divonis hukuman antara tiga bulan hingga 18 tahun. Pemerintah telah memberikan remisi khusus kepada 44.423 narapidana beragama Islam bertepatan dengan Idul Fitri 1432 H di seluruh Indonesia.

Remisi khusus itu diberikan sesuai ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 12/1999 tentang Remisi dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32/1999 tentang Tata Cara dan Syarat Pelaksanaan Hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.