Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Rukyat NU Siap di 11 Tempat

Kompas.com - 29/08/2011, 16:47 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim rukyat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur kini sudah siap di 11 tempat untuk menyaksikan hilal (bulan sabit). Hasil rukyatul (melihat) hilal itu yang akan dipakai untuk menentukan waktu pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

Wakil Ketua PWNU Jatim Abdul Wachid Asa, Senin (29/8/2011), mengatakan, di antara 11 lokasi itu adalah Pantai Nambangan (Surabaya), Bukitcondro (Gresik), dan Tanjungkodok (Lamongan). Tim telah melalui seleksi ketat untuk memenuhi persyaratan syari.

Hasil rukyatul hilal tim itulah, katanya, yang akan dipakai PWNU Jatim untuk menentukan tanggal 1 Syawal sebagai waktu mengakhiri puasa dan menunaikan Shalat Idul Fitri.

Menurut dia, hal itu merujuk pada Hadits bahwa hendaknya mengawali puasa dengan melihat hilal, dan mengakhiri puasa dengan melihat hilal pula.

Dikatakan, jika nanti ada saksi yang melihat hilal, maka PWNU akan menetapkan Shalat Id pada hari Selasa (30/8/2011). Jika tidak melihat hilal, maka sesuai Hadits, bulan Ramadhan digenapkan 30 hari. Berarti menunaikan Shalat Id pada hari Rabu (31/8/2011).

Ketua Mejelis Falakiyah PWNU Jatim Soleh Hayat mengatakan, jika hasil rukyatul hilal nanti berbeda dengan umat Islam yang lain, hendaknya dilihat bahwa perbedaan itu sebagai hal yang biasa. Tidak perlu dijadikan polemik. PWNU menyerukan agar tetap menjaga ukhuwah Islamiyah.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com