Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

600 Pramuka Brebes Bantu Kelancaran Mudik

Kompas.com - 29/08/2011, 13:53 WIB

BREBES, KOMPAS.com - Sebanyak 600 anggota pramuka di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dikerahkan untuk membantu pengamanan dan kelancaran arus mudik maupun arus balik Lebaran. Mereka terdiri dari para sisa SLTA yang tergabung dalam Dewan Kerja Ranting dan Dewan Kerja Cabang Kabupaten Brebes.

Humas Kwarcab Pramuka Brebes, Wasdiun, Senin (29/8/2011) mengatakan, para anggota pramuka tersebut ditempatkan pada pos-pos pengamanan Lebaran, antara lain di wilayah Losari, Ketanggungan, Bumiayu, Brebes, Pejagan, dan Jatibarang. Para anggota pramuka tersebut bekerja mulai H-5, dan akan berlangsung hingga H+5.

Mereka membantu menghitung arus kendaraan yang masuk dan keluar Jawa Tengah, membantu mengatur arus lalu lintas, membantu masyarakat yang akan menyeberang jalan, serta memberikan pelayanan kepada pemudik, termasuk pelayanan kesehatan.

Pada hari pelaksanaan sholat Idul Fitri, para anggota pramuka juga membantu mengatur shof di lokasi sholat Alun-alun Brebes. Pada H+1 hingga H+3, mereka juga akan diperbantukan untuk pengamanan objek-objek wisata.

Menurut Wasdiun, keterlibatan anggota pramuka dalam pengamanan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran sudah berlangsung bertahun-tahun. Upaya tersebut sebagai salah satu bentuk pengabdian pramuka kepada masyarakat, termasuk para pemudik.

Laelatul Istiqomah (15), anggota pramuka yang ditempatkan di Pos Pintu Keluar Tol Pejagan mengatakan, mesipun capek, ia merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan arus pengamanan arus mudik Lebaran. "Sudah komitmen sebagai anggota pramuka," katanya.

Siswa kelas II SMK 1 Brebes tersebut mengaku baru pertama kali ikut dalam kegiatan tersebut. Menurut dia, banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa diperoleh dengan menjadi bagian dari tim pengamanan arus mudik Lebaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com