Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taruna AAL Hancurkan Sasaran Operasi Amfibi

Kompas.com - 25/08/2011, 23:55 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 24 kadet tingkat III Korps Marinir Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-58 menyelesaikan latihan dan praktik operasi amfibi (Karkata Yudha) di Pangkalan Angkatan Laut Batuporon, Madura, Kamis (25/8/2011).

Latihan operasi amfibi selama 4 hari ini melibatkan KRI Teluk Penyu-513 dan dua sekoci pembawa pasukan. Latihan dan praktik Karkata Yudha merupakan latihan rutin tahunan bagi kadet Korps Marinir Akademi Angkatan Laut (Korps Marinir AAL) yang bertujuan membekali mereka dengan kemampuan dan keterampilan kepemimpinan lapangan dalam menerapkan pendaratan amfibi dan serangan amfibi.

Dalam latihan tersebut, para kadet belajar dan mempraktekkan berbagai taktik dan teknik operasi amfibi, seperti taktik serbuan pelaksanaan raid, berlatih (drill) naik turun jaring, drill embarkasi dan debarkasi, perahu karet, navigasi jarak jauh, teknik manuver perahu karet, hingga teknik penyerbuan dan pendaratan amfibi yang menjadi ciri khas pasukan Marinir dalam bertempur.

Puncak latihan ditandai dengan penghancuran sasaran Raid Amfibi di Bukit Pasir, Pantai Karang Pandan, Madura. Dengan meledak dan hancurnya sasaran musuh, berakhir pula latihan dan praktik Karkata Yudha dengan kemenangan di pihak kadet AAL.

Pasukan sebelumnya dilepas dalam upacara oleh Kepala Departemen Marinir Kolonel Marinir FX Deddy Susanto di lapangan Wangi-wangi, AAL Bumimoro, Surabaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com