Alokasi Anggaran Negara Sangat Timpang

Kompas.com - 24/08/2011, 18:22 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com - Alokasi anggaran negara saat ini mencerminkan ketimpangan luar biasa. Dari total nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang mencapai Rp 1.400 triliun, 82,5 persen di antaranya dialokasikan untuk anggaran rutin seperti gaji pegawai negeri sipil.

Padahal total jumlah pegawai negeri sipil hanya 2,5 persen dari total penduduk Indonesia.

"Rakyat hanya dapat kesempatan dari belanja modal hanya 20 persen. PNS yang jumlahnya hanya 2,5 persen dari total penduduk Indonesia mendapatkan alokasi 82,5 persen APBN kita yang Rp 1.400 triliun. Ada yang salah dengan politik anggaran kita," ujar anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional Teguh Juwarno di Jakarta, Rabu (24/8/2011).

Menurut Teguh, sebenarnya biang kerok korupsi di negeri ini ada pada birokrat. "Biang keroknya korupsi ya di birokrasi kita ini. Meski tak bisa dipungkiri semua intansi di republik ini juga tak bebas dari korupsi," kata Teguh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.