Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Raharja Alihkan Pemudik Motor Dengan Bus Gratis

Kompas.com - 24/08/2011, 10:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik gratis bersama PT Jasa Raharja (Pesero) 2011 diberangkatkan pada Rabu, pukul 06.00 - 10.00 WIB serentak dari Jakarta dan Surabaya. Dalam mudik gratis Jasa Raharja 2011, yang dilayani 225 bus tersebut, Jasa Raharja memperoleh penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia).

Menurut Sukono, Sekretaris Perusahaan Jasa Raharja pada Rabu (24/5/2011), penghargaan untuk kategori Pengalihan Pemudik Sepeda Motor Menggunakan Bus Gratis Dengan Jumlah dan Kota Tujuan Terbanyak, oleh MURI karena Jasa Raharja dianggap berhasil meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang dialami para pemudik motor.

"Jasa Raharja dianggap berhasil mengurangi kecelakaan pemudik sepeda motor dengan cara mengalihkan dan memfasilitasi para pemudik sepeda motor ini dengan menggunakan bus gratis," kata Sukono.

Hari ini telah diberangkatkan mudik bersama Jasa Raharja tahun 2011 dengan mempergunakan 225 armada bus dengan 33 kota tujuan se- Jawa dan Lampung. 195 bus berangkat dari Jakarta menuju 21 kota: Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Semarang, Solo, Wonogiri, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Yogyakarta, Malang, Madiun, Gresik, Surabaya, Pati, Kebumen, Wonosobo, Wonosari, Pasuruan, dan Lampung.

Sementara, 30 bus berangkat dari Surabaya menuju 12 kota: Banyuwangi, Jember, Bliter, Bojonegoro, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Solo, Yogya, dan Semarang.

"Tujuan utama kami adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat sampai ketempat tujuan. Oleh karena itu, sebelum berangkat kami melakukan cek kesehatan dan pengobatan gratis. Para sopir bus yang akan melayani para pemudik juga diperiksaan kesehatannya. Apakah layak untuk mengemudikan kendaraan atau tidak," kata Sukono.

Dalam meminimalisir korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan, Jasa Raharja juga memberikan bantuan kepada mitra kerjanya seperti pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, Organda, dan Rumah Sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com