Pledoi Gayus Murni Bikinan Pengacara

Kompas.com - 23/08/2011, 20:37 WIB
EditorAgus Mulyadi

TANGERANG, KOMPAS.com —  Berbeda dengan persidangan perkara mafia pajak, dalam perkara dugaan menggunakan paspor palsu atas nama Sony Laksono, Gayus Halomoan Partahanan Tambunan tak membuat nota pembelaan atau pledoi pribadi di Pengadilan Negeri Tangerang, Selasa (23/8/2011). Bahkan, ia tak mau terlibat dalam membantu pembuatan pledoi. Semuanya diserahkan kepada tim pengacaranya dari Kantor Pengacara Hotma Sitompul.

"Dia tidak mau membuat pledoi. Tidak ada campur tangan sedikit pun dari Gayus dalam pembuatan pledoi. Semua diserahkan kepada kami, penasihat hukumnya," kata salah anggota tim penasihat hukumnya, Gloria Tamba, kepada wartawan usai sidang dengan agenda pledoi di PN Tangerang, Selasa.

Sidang yang dimulai pukul 13.40 itu dipimpin ketua majelis hakim Syamsu Bachri Harahap. Sidang selesai pukul 14.45.

Gayus tak banyak bicara, saat ditanyakan mengapa ia tidak membuat pledoi sendiri seperti yang dilakukan sewaktu sidang dengan perkara lainnya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ia hanya melempar senyum kepada wartawan. Saat didesak, Gayus hanya menjawab singkat "Silakan ke pengacara saja ya," kata Gayus sambil berlalu.

Ia dikawal jaksa, pegawai PN Tangerang, dan seorang petugas dari kepolisian keluar ruangan menuju mobil jemputan tahanan khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.