Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Keselamatan Pemudik Paling Utama

Kompas.com - 23/08/2011, 18:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono, pada Rapat Persiapan Mudik Lebaran bersama Menteri Perhubungan Freddy Numberi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (23/8/2011), meminta agar para petugas mengutamakan keselamatan pemudik.

Tak hanya itu, Boediono juga meminta agar kenyamanan pemudik turut diperhatikan. "Bapak Wapres meminta ada tambahan petugas untuk membantu penumpang. Guide atau petugas yang menolong membantu memberikan informasi dan petunjuk juga ditambah," kata Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat kepada para wartawan di Kantor Wakil Presiden, Selasa (23/8/2011).

Boedino juga meminta agar manajemen lalu lintas transportasi mudik, termasuk kapal laut dan kereta api, dilakukan sebaik mungkin. "Wapres meminta ada pengaturan di stasiun. Orang yang diperkenankan masuk ke peron adalah mereka yang segera berangkat. Ini supaya peron tidak penuh," kata Yopie.

Boediono dijadwalkan akan melakukan peninjauan ke Pelabuhan Merak dan Stasiun Kereta Api Senen pada Rabu (24/8/2011) esok.

Sementara itu, Freddy mengatakan, terkait calon, dirinya meminta agar masyarakat bersama petugas menanggulanginya. Masyarakat diminta berpartisipasi memberikan informasi kepada petugas.

Freddy juga mengatakan, kapal laut dan kereta api siap menampung kendaraan bermotor pemudik. Hal ini bagian dari upaya mengurangi jumlah pemudik yang bermudik dengan menggunakan sepeda motor.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor juga meningkat 7,42 persen, dari 2,3 juta orang pada 2010 menjadi 2,47 juta orang pada 2011. Bermudik dengan mengendarai sepeda motor dipandang rentan terhadap kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com