KPK Sosialisasi Antisuap di Balaikota

Kompas.com - 22/08/2011, 17:02 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mencegah praktik suap dan korupsi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan dan sosialisasi kegiatan. Kegiatan tersebut akan berlangsung pekan ini, kemudian hasilnya akan dilaporkan kepada Gubernur DKI Fauzi Bowo.

"Mereka sosialisasi peraturan-peraturan yang berkaitan dengan gratifikasi. Mereka keliling tidak hanya ke Pemprov DKI, tapi juga ke daerah-daerah lainnya," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, seusai menerima Tim Gratifikasi KPK di Balaikota DKI, Senin (22/8/2011).

Foke mengungkapkan, sudah ada aturan terkait dengan Undang-Undang Pemberantasan Korupsi, yaitu Peraturan Gubernur Nomor 171 Tahun 2010 tentang penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah di jajaran Pemprov DKI. Peraturan tersebut sudah dilaksanakan dan dimonitor secara teratur oleh inspektur.

"Tentu saya sudah laporkan tadi bahwa di DKI sendiri sudah banyak aturan yang merupakan tindak lanjut daripada Undang-Undang Pemberantasan Korupsi," katanya.

Untuk memonitor ada tidaknya suap-menyuap, KPK akan memberikan pelatihan teknis bagi petugas-petugas dari jajaran pemda. Nantinya juga akan didiskusikan mengenai gratifikasi dan budaya. Seperti budaya yang terjadi menjelang Lebaran.

"Mau Lebaran ini kan banyak orang anter-anteran. Padahal, itu dari keluarga saya semua. Nah, apakah hal seperti itu perlu dilaporkan, itu tentu akan didiskusikan lebih lanjut," tuturnya.

Nantinya KPK akan turun langsung melakukan sosialisasi ke tempat-tempat pelayanan masyarakat. Hal ini untuk membudayakan antikorupsi dan antisuap di kalangan pejabat pemda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X