Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Lomba Modifikasi hingga Persiapan Mudik

Kompas.com - 22/08/2011, 03:42 WIB

Pekan depan, jutaan warga Jakarta memulai perjalanan menuju kampung halaman untuk merayakan Lebaran. Persiapan yang matang sangat penting, terutama bagi pengguna kendaraan pribadi.

Seperti terlihat pada Bursa Otomotif Ramadhan di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (21/8). Banyak pengunjung yang mencari atau melihat-lihat beragam produk otomotif agar kendaraan bisa dibawa mudik dalam kondisi prima, seperti ban, pelumas, dan suku cadang.

Tak sedikit pula yang ikut dalam program trade in ban sepeda motor, yaitu menukar ban lama kondisi apa pun dengan ban baru depan-belakang dengan harga Rp 120.000 untuk ukuran 14 inci dan Rp 160.000 untuk ukuran 17 inci.

Bursa Otomotif Ramadhan digelar sejak Sabtu hingga Minggu sebagai rangkaian kegiatan menyambut ulang tahun ke-60 PT Gajah Tunggal Tbk. ”Acara ini menjadi semacam apresiasi bagi komunitas mobil dan sepeda motor di Jakarta yang jumlahnya cukup banyak. Sekaligus kami menyediakan ajang bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang akan mudik untuk Lebaran dengan menggelar bursa penjualan pelumas, suku cadang, dan ban,” kata General Marketing PT Gajah Tunggal Tbk Arijanto Notorahardjo.

Ada setidaknya 30 stan yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Stan-stan itu menggelar berbagai macam pernik otomotif, mulai dari lampu, velg, kaca spion, jok sepeda motor dan mobil, hingga penyapu kaca mobil.

Ada pula stan yang menjual buku panduan tentang mobil-mobil lama berikut perawatannya, kumpulan iklan atau artikel mobil lama di majalah-majalah, dan poster mobil-mobil lama dan antik.

”Harganya Rp 80.000. Silakan,” kata si penjual, menawarkan kepada pengunjung sambil membolak-balik halaman kumpulan poster mobil lama berbagai merek.

Modifikasi

Selain menjual produk otomotif, Bursa Otomotif Ramadhan juga menggelar kontes modifikasi mobil dan sepeda motor. Kontes modifikasi mobil diikuti sekitar 80 peserta, sementara kontes modifikasi sepeda motor diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai komunitas di Jakarta dan sekitarnya.

Sepeda motor berbagai jenis yang dicat warna-warni mengikuti pola dan gambar tertentu dengan teknik cat airbrush menarik perhatian banyak pengunjung. Warna-warna cerah mendominasi bodi sepeda motor. Bentuknya pun menjadi unik berkat aksesori ataupun suku cadang baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com