Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Ditipu PT KAI, Pedagang Demo

Kompas.com - 18/08/2011, 14:47 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - "Pak untuk kelangsungan hidup kami. Pendirian minimarket Alfa Mart di Stasiun Poncol harus dibatalkan. Jika tidak, sama saja Kadaop membunuh kami," ungkapan bernada kecewa, disampaikan Yuli perwakilan pedagang stasiun Poncol saat menggelar aksi demo penolakan pembangunan minimarket di komplek stasiun, Kamis (18/8/2011).

Dalam janji yang disampaikan pada pertemuan antara pedagang dan pihak properti Daop IV Semarang, pengelola jasa kereta api itu berjanji tidak akan mengijinkan pendirian minimarket di stasiun yang khusus melayani penumpang kelas ekonomi itu.

"Saat transaksi pembayaran uang sewa, pedagang tidak boleh menawar harga sewa lahan senilai Rp 12 juta lebih per lahan dengan konsekuensi pembayaran diberi jangka waktu hingga Desember 2011 dan tidak ada pembangunan minimarket di stasiun. Tapi kenyataannya mereka memberi ijin dan ada pembangunan Alfa Mart," ujarnya.

Keluhan senada diungkapkan, Rumiyati pemilik kios makanan dan minuman. Di sela aksi, pedagang yang sudah belasan tahun berjualan di Stasiun Poncol itu mengaku, pendirian minimarket yang tepat berada di samping pintu masuk komplek stasiun bisa mengancam kelangsungan hidup sebanyak 163 pemilik kios dan asongan.

"Kami akan terus menolak sampai minimarket yang banyak dikeluhkan dan membunuh pedagang kecil di kota Semarang, tidak berdiri di sini seperti di Stasiun Tegal dan di Jawa Timur," tambahnya.

Ancaman serupa diungkapkan Heri Yulianto, dalam orasinya pedagang dan asongan yang selama ini terpinggirkan dengan pembatasan jam jualan siap melakukan perlawanan. "Tidak saja demo dan meminta pekerja bangunan berhenti sementara, tapi kami juga melakukan penolakan karena mendirikan minimarket di sini sama saja membunuh pedagang," ujarnya.

Aksi demo berjalan tertib di bawah pengawasan tim dari Polsek Semarang Utara dan Polsuska. Masa aksi menggelar orasi dan sepanduk penolakan seperti "Kenapa jatah makan wong cilik kamu embat juga alfamart ????".

Kendati terjadi aksi demo, aktivitas di stasiun tidak terganggu dan ratusan calon penumpang tetap bisa antri dengan tertib untuk membeli tiket dan perjalanan kereta api tetap lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com