Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba E-KTP Gagal

Kompas.com - 18/08/2011, 09:33 WIB

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com- Uji coba KTP Elektronik di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung dipastikan gagal. Peralatan pengumpul data warga tidak kunjung siap.

Kepala Dinas Kependudukan Pangkal Pinang Suparyono mengatakan, alat pengumpul data penduduk sudah diterima dan diletakkan di kantor-kantor kecamatan. Namun, sampai sekarang alat itu belum terpasang.

"Kami sudah tanya ke pusat, kapan akan dipasang. Sampai sekarang kami tidak dapat jawaban. Pemasangan alat itu kewenangan pusat," ujarnya di Pangkal Pinang, Kamis (18/8).

Padahal, hari ini Pangkal Pinang menjadwalkan uji coba pembuatan KTP elektronik. Selanjutnya, proses pembuatan akan dioperasikan penuh mulai Senin (22/8).  "Operator sudah disiagakan di setiap kecamatan. Tetapi, alat belum dipasang dan tim pendamping tidak datang-datang juga," ujarnya.

Pangkal Pinang menerima beberapa paket alat pengumpul data penduduk. Sementara ini, kabupaten/kota hanya bisa mengumpulkan data berupa sidik seluruh jari tangan, foto wajah, dan foto retina, serta bio data. Untuk pencetakan masih kewenangan pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com