Berkat Remisi, Satu Penjudi Bebas

Kompas.com - 17/08/2011, 20:56 WIB
EditorLatief

KULONPROGO, KOMPAS.com - Sebanyak 11 orang narapidana di Rutan Kelas II B Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta, mendapatkan remisi dalam rangka Kemerdekaan RI ke-66. Sepuluh orang di antaranya mendapat Remisi Umum I, dan satu orang lainnya mendapakan Remisi Umum II.

Remisi tersebut diberikan bervariasi, mulai potongan satu bulan penjara, dua bulan, hingga empat bulan. Satu orang narapidana, Bambang Sumantri, yang terkena kasus perjudian, hari ini bisa langsung menghirup udara bebas.

Sebelumnya, Bambang telah menjalani masa hukum enam bulan dari vonis hakim tujuh bulan penjara. Secara simbolis, pembebasan ini dilakukan oleh Bupati Toyo S Dipo dengan mengganti baju tahanan menjadi baju batik.

"Ada sebelas yang mendapat remisi, satu langsung bebas," tutur Kepala Sub-bidang Pelayanan Tahanan Joko Sulistyo, Rabu (17/8/2011).

Saat ini, Rutan Wates dihuni 90 orang, terdiri 43 orang napi, tahanan 47 orang, laki-laki 86 orang dan wanita 4 orang. Sebagian besar kasusnya berupa tindak pencurian, perzinahan, dan KDRT. Pada pemberian remisi ini, Bupati juga membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.