922 "Warga" LP Cipinang Terima Remisi

Kompas.com - 17/08/2011, 20:13 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Permasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, memberikan remisi kepada 922 warga Binaan Lapas Kelas I Cipinang dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2011). Sebanyak 849 narapidana mendapatkan Remisi Umum I atau pengurangan sebagian.

Mereka yang mendapatkan Remisi Umum I itu setelah dinilai mengikuti beberapa ketentuan tertentu, seperti berkelakuan baik dan sudah menjalani sepertiga masa tahanannya. Sementara itu, sebanyak 73 narapidana mendapatkan Remisi Umum II dan dapat bebas setelah memperoleh remisi hari ini.

"Bagi mereka yang terkena tindak pidana terorisme, narkotika dan psikotropika, korupsi, kejahatan terhadap keamanan negara, dan kejahatan HAM, diberikan remisi selain berkelakuan baik, yaitu setelah sepertiga masa pidana dijalaninya. Jadi, kalau masa dia dihukum 18 tahun, harus enam tahun dulu baru dapat remisi," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM Untung Sugiono saat konferensi pers mengenai pemberian remisi umum di LP Narkotika Cipinang, Jakarta Timur.

Untuk terpidana korupsi, lanjut dia, sebagian di antara narapidana LP Cipinang juga mendapatkan remisi karena dinilai aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di dalam lapas. Mereka, misalnya, turut aktif dalam kegiatan sebagai pembantu pegawai untuk mendukung kegiatan pembinaan.

"Seperti menjadi pemuka di bidang pendidikan, membantu untuk Paket C dan B. Mereka berhak mendapat remisi sepertiga. Ada juga pemuka di bidang olahraga, kebersihan dan lain-lainnya. Jadi, dibantu kegiatan dan aktifitas mereka untuk dapat tambahan atau remisi," kata I Wayan Sukerta, Kepala Lapas Jakarta Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.