Tujuh Koruptor di Kendal Terima Remisi

Kompas.com - 17/08/2011, 16:59 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KENDAL, KOMPAS.com - Tujuh koruptor penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kendal, Jawa Tengah, mendapat remisi sebulan. Enam narapidana terlibat kasus penggelembungan biaya pengadaan alat kesehatan (Alkes) Kendal, dan satu lainnya adalah narapidana korupsi pelabuhan.

Mereka adalah Budi Setiawan, Jati Priyantoro, Djarwoto, Taryono, Eni Budiawati, dan FX. Esti Mediastini dari kasus alkes dan mantan Kepala PU Kendal, Samsu Hidayat dalam kasus korups pelabuhan.

Ketujuh napi tersebut mendapatkan remisi bersama 129 narapidana dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia ke 66, Rabu (17 /8/2011). Selain itu remisi bebas diberikan kepada 6 napi yang berkelakuan baik.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kendal Ani Sauful Alwan mengatakan, remisi 6 bulan diberikan kepada 1 napi, remisi 5 bulan diberikan kepada 3 napi, remisi 4 bulan diberikan kepada 23 napi, remisi 3 bulan diberikan kepada 19 napi, remisi 2 bulan untuk 29 napi dan remisi sebulan untuk 51 napi.

Sementara itu enam napi mendapatkan remisi umum II atau bebas antara 1 hingga tiga bulan. "Mereka yang berkelakuan baik selama menjalani pidana tentu kami usulkan untuk bisa mendapatkan remisi. Khususnya yang sudah menjalani minimal 6 bulan," ujar Kalapas.

Remisi menurut Ani diberikan kepada narapidana sebanyak dua kali, yaitu pada remisi umum pada peringatan HUT RI dan remisi khusus pada peringatan keagamaan.

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti usai upacara peringatan HUT RI ke 66 di Stadion Madya Kendal mengatakan, para narapidana diharapkan bersabar menjalani masa hukumannya. Kepada para napi yang mendapatkan remisi bebas, pihaknya berpesan agar tidak lagi mau masuk ke LP dan berstatus narapidana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.