7 Napi Asing Terima Remisi di Bali

Kompas.com - 17/08/2011, 15:38 WIB
EditorLatief

DENPASAR, KOMPAS.com - Perayaan HUT RI ke-66 tidak hanya dirasakan oleh warga negara Indonesia. Di Denpasar, Bali, 7 narapidana asing yang mendekam di lapas kelas II A Kerobokan, Denpasar, turut larut dalam kegembiraan HUT RI setelah memperoleh remisi atau pengurangan masa hukuman.

Ketujuh napi asing yang sebagian besar terjerat kasus narkoba itu menerima remisi mulai 3 hingga 6 bulan. Dua di antara ketujuh napi itu berasal dari Australia yang dikenal dengan sebutan "ratu mariyuana", yaitu Schapelle Leight Corby dan anggota sindikat Bali Nine, Renae Lawrence.

"Corby dapat lima bulan, Renae enam bulan," ujar Kapalas Kerobokan, Siswanto, usai upacara penyerahan remisi, Rabu (17/8/2011) siang tadi.

Meski surat keputusan (SK) dari Kementrian Hukum dan HAM belum diterima oleh Lapas Kerobokan, Siswanto optimistis SK tersebut akan tiba dalam waktu dekat.

"Saya belum bisa pastikan dari yang berkewenangan Menkumham. Tapi, biasanya yang diusulkan selalu dapat karena kita telah memenuhi syarat Kepres 174 tahun 1999 tentang remisi," jelas Siswanto.

Pada HUT RI ke-66 ini, total narapidana di lapas Kerobokan yang memperoleh remisi 315 orang. Sebanyak 13 di antaranya memperoleh remisi umum dua atau langsung bebas di hari Kemerdekaan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.