Pugeg Dapat Remisi 5 Bulan 10 Hari

Kompas.com - 17/08/2011, 15:31 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang memberikan remisi kepada 922 terpidana tepat di Hari Ulang Tahun ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/8/2011). Di antara 922 terpidana ini, terdapat 29 orang terpidana kasus korupsi yang hari ini mendapat remisi.

Dari 29 terpidana kasus korupsi itu, di antaranya I Wayan Pugeg, mantan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri yang terseret kasus korupsi Program Indonesia Investment Year 2003 dan 2004 yang telah merugikan negara sebanyak Rp 27 Miliar. Dia mendapat remisi 5 bulan 10 hari.

Selain itu mantan Jaksa Urip Tri Gunawan, mantan Ketua Tim Penyelidik BLBI yang divonis 20 tahun penjara atas kasus penerimaan uang suap dari Artalyta Suryani dan pemerasan terhadap mantan Kepala BPPN Glenn MS Yusuf sebesar Rp 1 Miliar, mendapat remisi selama empat bulan.

Selain itu, H Tengku Azmun Jaafar, SH mantan Bupati Kutai, terpidana atas kasus korupsi terkait dengan penerbitan 15 Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu - Hutan Tanaman di Kabupaten Pelalawan juga mendapatkan remisi selama dua bulan 20 hari.

Yohanes Waworuntu, mantan Direktur PT Sarana Rekamata Dinamika yang telah divonis empat tahun penjara atas kasus korupsi Sistem Administrasi Badan Hukum Sisminbakum juga mendapat remisi selama dua bulan 20 hari. Remisi akan diberikan kepada terpidana dengan beberapa ketentuan-ketentuan yang berlaku.

"Kalau seperti Korupsi yang terkait PP No. 28 Tahun 2006 harus menjalani sepertiga masa tahanan, kalau yang tidak terkait PP 28 ya tidak harus menjalani sepertiga masa tahanan," ucap I Wayan Sukerta Kepala Lapas Cipinang yang ditemui wartawan di LP Narkotika, Cipinang Jakarta Timur.

Selain itu terpidana juga harus berkelakuan baik untuk mendapatkan remisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.