Usai Upacara, 21 Napi Korupsi Bebas

Kompas.com - 17/08/2011, 15:20 WIB
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 21 narapidana kasus korupsi dipastikan bebas setelah mendapat remisi di hari ulang tahun kemerdekaan ke-66 RI, Rabu (17/8/2011). Selain itu, sebanyak 419 narapidana korupsi lainnya mendapat remisi umum sebagian.

"21 (napi korupsi) langsung bebas," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Untung Sugiono di Kementrian Hukum dan HAM Jakarta, Rabu (17/8/2011).

Namun, Untung tidak merinci nama-nama narapidana yang langsung bebas itu. Seingatnya, nama Gayus H Tambunan, pegawai Ditjen Pajak yang terjerat kasus mafia hukum, tidak ada dalam daftar penerima remisi.

Untung juga menyampaikan, sebanyak 9.450 dari 22.344 narapidana kasus narkotika yang tersebar di rumah tahanan negara dan Lembaga Pemasyarakatan seluruh Indonesia mendapatkan remisi umum sebagian.

Sementara 235 lainnya dipastikan langsung bebas. Remisi umum sebagian juga diberikan kepada 84 orang dari 90 narapidana kasus terorisme di Indonesia.

Juga kepada 189 orang dari 666 narapidana kasus kejahatan transnasional yang tersebar di rutan dan LP Indonesia. "Sembilan (napi transnasional) langsung bebas," ungkap Untung.

Selain itu, lanjutnya, sebanyak 3.578 narapidana kasus tindak pidana umum dipastikan langsung bebas setelah mendapatkan remisi. Sementara 51.708 tahanan kasus yang sama mendapat remisi umum sebagian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.