Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedua Orang Ini Mirip Proklamator

Kompas.com - 17/08/2011, 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Chandra Meizir dan Iwan Sabara selalu menjadi tamu kehormatan dari tahun ke tahun saat acara napak tilas proklamasi digelar setiap 16 Agustus lantaran wajah mereka berdua dianggap mirip kedua proklamator Indonesia. Chandra Meizir merupakan karakter yang mirip Bung Karno dan Iwan Sabara mirip Bung Hatta.

"Kami setiap tahun diundang untuk napak tilas. Pak Chandra sebagai Soekarno dan saya sebagai Muh Hatta," ujar Iwan, salah seorang anggota Komunitas Ontel Batavia yang masih di bawah naungan Gedung Joang '45.

Sejak komunitas ini berdiri pada 17 Agustus 2004, setiap napak tilas keduanya selalu menirukan gaya berpakaian Bung Karno dan Bung Hatta, begitu juga gerak tubuhnya.

"Sudah sejak awal karakter kami seperti ini. Kami sebisa mungkin bisa berkarakter sesuai beliau. Kawan-kawan yang lain juga mempunyai karakter lain, tentunya karakter pejuang kemerdekaan," ujar Iwan yang bekerja di perusahan kargo milik PT Merpati Nusantara ini.

Hal itu menjadi kehormatan bagi mereka, apalagi saat dipercaya menaiki mobil asli milik kedua proklamator Indonesia itu. "Perasaan bangga timbul saat menaikinya, dan merupakan suatu kehormatan bagi kami bisa naik dan duduk di dalam mobil itu," ujar Iwan yang sudah sejak 2006 mengikuti kegiatan ini.

Iwan mengakui, dirinya sempat gemetar saat pertama dipercaya menaiki mobil yang memiliki nilai sejarah itu. "Pertama-tamanya kami gemetar karena naik mobil punya presiden dan wakil presiden pertama Indonesia beneran. Sehari-harinya diparkir di Gedung Joang. Orang-orang yang datang ke museum saja nggak boleh megang," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com