Ajukan Kasasi, Ariel Tak Dapat Remisi

Kompas.com - 17/08/2011, 10:03 WIB
EditorNasru Alam Aziz

BANDUNG, KOMPAS.com — Vokalis Peterpan, Nazriel Irham alias Ariel, tidak mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan dalam rangka HUT ke-66 RI. Pasalnya, dia masih mengajukan kasasi atas vonis 3,5 tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, terkait kasus peredaran video porno.

"Kalau saja Ariel tidak mengajukan kasasi, dia bisa mendapat remisi," ujar Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat Nasir Almi, Rabu (17/8/2011).

Ariel diputus bersalah dan harus menjalani kurungan selama 3,5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Bandung. Dia pun mengajukan banding, tetapi Pengadilan Tinggi Jawa Barat tidak mengubah keputusan tersebut. Saat ini, dia sedang mengajukan upaya berikutnya, yakni kasasi.

Menurut Nasir, langkah yang diambil Ariel bisa diartikan belum ada putusan yang berkekuatan tetap sehingga dia belum berhak mendapatkan remisi.

Selain Ariel, narapidana yang tidak mendapat remisi adalah yang masuk dalam register F atau melanggar ketentuan selama di lembaga pemasyarakatan. Beberapa contohnya adalah kedapatan menggunakan telepon seluler hingga mengonsumsi narkoba.

Pada peringatan HUT ke-66 RI, 8.501 narapidana di Jawa Barat mendapatkan remisi, 515 orang di antaranya bebas murni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.