Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Ijab Kabul, Zakat Tetap Sah

Kompas.com - 11/08/2011, 17:14 WIB

Tanya: Setiap bulan saya selalu transfer zakat penghasilan saya ke rekening suatu lembaga pengelola zakat. Apakah cara membayar zakat seperti ini sah karena tanpa ada suatu akad/pernyataan secara lisan kepada panitia? (Dyah Basuki - Jakarta)

Jawab: Assalammualaikum. Ibu Dyah, kewajiban adanya ijab kabul di dalam penyerahan harta zakat bukanlah hal yang mutlak menjadi syarat. Tidak benar apabila tidak ada ijab kabul dalam zakat, lalu zakat itu menjadi tidak sah. Bahkan dalam jual beli yang sangat memerhatikan masalah ijab kabul, tetap bisa dilakukan walaupun secara online atau melalui telepon.

Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat mempermudah kita dalam beribadah termasuk dalam pembayaran zakat. Pembayaran zakat penghasilan dengan transfer ke rekening lembaga pengelola zakat adalah sah. Ibu yang memanfaatkan fasilitas transfer via ATM atau bank, tentu sudah tahu dengan pasti, berapa besar kewajiban zakat yang wajib dikeluarkan. Ibu pun sudah tahu dengan tepat bahwa rekening itu memang untuk menyalurkan harta zakat.

Pihak lembaga pun sejak awal sudah menyosialisasikan dengan cermat bahwa nomor rekening tersebut memang semata-mata untuk penyaluran zakat. Namun, akan lebih baik jika ibu melakukan konfirmasi ke lembaga pengelola zakat setelah ibu mengirim sejumlah dana ke rekening lembaga tersebut, sehingga transaksi pembayaran zakat ibu akan lebih tercatat dengan baik.

(Rumah Zakat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com