Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konten Kompasiana Hadir di Harian Kompas

Kompas.com - 11/08/2011, 09:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial Kompasiana yang selama ini dikenal sebagai media warga terbesar di Indonesia, sejak akhir Juli 2011 lalu, hadir dalam bentuk cetak dengan nama Kompasiana Freez. Versi cetak Kompasiana terbit setiap Kamis di Harian Kompas.

Setiap minggu, Kompasiana memilih tulisan-tulisan Kompasianer terbaik untuk ditayangkan di lembar khusus menayangkan konten dari netizen (warga Internet) ini. Selain tulisan di Kompasiana, Freez juga menghadirkan percakapan yang terjadi di media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

Pepih Nugraha, Redaktur Pelaksana KOMPAS.com sekaligus penanggungjawab Kompasiana Freez, mengungkapkan, kehadiran Kompasiana dalam bentuk cetak merupakan terobosan baru di industri media online. “Kalau biasanya media cetak pindah ke online, sekarang kita buktikan bahwa dari online bisa masuk cetak,” kata Pepih.

Kehadiran Freez juga menjadi lompatan penting perkembangan Kompasiana yang sejak awal aktif menumbuh-kembangkan kegiatan jurnalisme warga, yaitu dengan memberikan wadah bagi masyarakat untuk dapat menyajikan langsung berita atau informasi versi mereka.

“Dengan adanya Freez, Kompasianer berlomba-lomba menyajikan konten terbaik mereka,” imbuhnya.

Proses Verifikasi

Saat ini, konten warga yang ditayangkan di Kompasiana Freez lebih didominasi dengan tulisan seputar gaya hidup. Setiap minggu, Kompasiana melempar satu tema untuk terbitan edisi berikutnya. Untuk meningkatkan keterlibatan para blogger dan pengguna internet lainnya, Kompasiana membuat sebuah mini situs di http://freez.kompasiana.com.

Agar bisa tampil di lembar Freez, netizen harus terlebih dahulu bergabung di Kompasiana dan memverifikasi akunnya dengan melengkapi data pribadi dan menyertakan kartu identitas di lembar Personal Information. Setelah itu, Kompasiana akan mencocokkan data yang diinput dengan kartu identitas yang dikirim.

Proses verifikasi merupakan standar pengelolaan konten yang diterapkan Kompasiana, untuk memastikan setiap tulisan yang ditayangkan di lembar Freez asli dan dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah itu, netizen yang sudah terdaftar sebagai anggota Kompasiana dapat mengirimkan tulisan ke Kompasiana (www.kompasiana.com) dengan menyantumkan tag “Freez”.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com