Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Syekh Abdul Mannan Penuh Peziarah

Kompas.com - 31/07/2011, 15:29 WIB

MAJENE, KOMPAS.com — Salah satu tradisi menjelang bulan Ramadhan di Sulawesi Barat adalah berziarah ke makam Syekh Abdul Mannan, yang terletak di lingkungan Salabose, Kelurahan Pangali-ali, Kecamatan Banggae, Majene.

Syekh Abdul Mannan merupakan ulama penyebar Islam di Sulawesi Barat (Sulbar). Peziarah tidak hanya datang dari Majene dan sekitarnya, tetapi juga dari berbagai daerah lain di Sulbar, seperti Polewali, Mamuju, bahkan warga Sulbar yang merantau ke luar daerah.

Makam Syekh Abdul Mannan diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Kompleks makam yang berdiri di wilayah perbukitan ini luasnya hampir 1 hektar.

Gaus, salah seorang juru kunci makam yang juga masih keturunan Syekh Abdul Mannan, mengatakan bahwa animo umat Muslim untuk menziarahi makam ini sangat besar, terutama menjelang bulan Ramadhan.

"Yang datang bukan hanya warga lokal Majene, melainkan juga dari berbagai daerah. Tak sedikit warga Majene dan Sulbar, yang merasa punya ikatan sejarah dengan sang ulama, sengaja datang jauh-jauh untuk berziarah," ujar Gaus ditemui Kompas.com, Sabtu (30/7/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com