Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2011 LEBIH SEMARAK

Kompas.com - 22/07/2011, 03:48 WIB

Dibandingkan dengan IIMS 2010, IIMS 2011 lebih semarak. Agen pemegang merek yang berpartisipasi lebih banyak dan lebih beragam. Apabila di masa lalu APM yang berpartisipasi di IIMS lebih didominasi oleh APM Jepang, kini walaupun APM Jepang masih yang utama, APM dari Eropa, Amerika Serikat, China, dan Korea Selatan mulai ikut meramaikan IIMS.

Toyota dan Honda masih merupakan dua merek mobil Jepang yang paling menonjol. Di luar itu juga ada Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Mazda, Subaru, dan Nissan, yang kini juga memboyong Infinity. Dari Korea Selatan hadir Hyundai dan KIA. Dari Amerika Serikat hadir Chrysler dan Dodge yang mendampingi Chevrolet dan Ford.

Tidak tanggung-tanggung, berbeda dengan Chevrolet dan Ford yang hadir dengan mobil-mobil berukuran Asia, Chrysler hadir dengan mobil-mobil berukuran Amerika yang masuk kategori fullsize. Simak saja Jeep Grand Cherokee, Jeep Patriot, dan Chrysler 300C. Di jalan raya, mobil-mobil itu akan tampak menonjol karena ukurannya besar.

Ini menarik, mengingat sejak tahun 1960-an tidak banyak lagi mobil Amerika berukuran Amerika yang lalu lalang di jalan raya. Kalau ingin melihat mobil Amerika dengan ukuran Amerika, kita mungkin harus menunggu pameran mobil klasik yang banyak menampilkan mobil-mobil seukuran itu.

Sejak tidak lagi memasarkan Chevrolet Blazer, mobil-mobil bermerek Chevrolet yang dijual di Indonesia umumnya berukuran Asia, yakni kecil atau sedang. Misalnya Chevrolet Spark, Chevrolet Aveo, dan Chevrolet Optra. Begitu juga dengan Ford. Yang dipasarkan di sini adalah Ford Escape, Ford Everest, Ford Focus, dan yang terbaru Ford Fiesta.

Mobil Eropa diwakili Mercedes Benz yang memboyong Smart Fortwo, BMW yang memboyong Mini, Audi, Volkswagen, dan Peugeot yang sudah lama absen dari IIMS. Mobil merek Eropa lain seperti Renault, Citroen, dan Fiat untuk sementara tidak beredar di sini. Adapun APM China diwakili Geely.

Padahal, ketiga merek Eropa memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Itu sebabnya banyak yang berharap mobil-mobil tersebut dapat kembali masuk ke negara ini.

Dan, kali ini persaingan di antara APM itu tidak berlangsung antara mobil-mobil penumpang (passenger car) dan mobil niaga (commercial car), tetapi juga di antara truk. Persaingan di antara truk cukup heboh. Di IIMS 2011 ini ada delapan APM truk yang bersaing itu adalah Astra Multi Trucks, Faw, Hino, Isuzu, Man Trucks, Mercedes Benz Truck, Mitsubishi Fuso, dan Toyota Dyna. (JL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com