Nasi Liwet Gurih Dijamin Ketagihan

Kompas.com - 19/07/2011, 15:19 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Di kala mudik, bisa jadi Solo menjadi salah satu kota yang harus Anda lewati. Apa jadinya jika Anda tiba di Solo di kala malam hari dan perut lapar? Mudah saja, mampir ke Keprabon, Solo, Jawa Tengah. Menu utamanya adalah nasi liwet. Nasi liwet termasuk salah satu kuliner Solo yang sudah tenar dan banyak dikenal orang-orang Indonesia.

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan. Terdengar seperti nasi uduk? Nyatanya rasa nasi liwet berbeda dengan nasi uduk. Rasanya lebih gurih dan dimasak lebih pulen. Tak hanya santan, nasi juga dimasak dengan kaldu ayam. Maka, aroma harum kelapa dan ayam pun menyeruak dari nasi. Cukup mencium aroma nasi saja sudah mampu membuat air liur terbit.

Sebagai teman si nasi, ayam yang disuwir, sayur labu siam, telur pindang rebus, dan kumut. Kumut berwarna putih dan kental itu terbuat dari santan kental. Kumuh ibarat ciri khas dari nasi liwet. Selain lauk-lauk tersebut, Anda juga bisa memakannya dengan telur dadar kukus, hati ampela, krecek, dan juga opor ayam. Jika doyan bacem, maka minta juga tahu bacem dan tempe bacem. Nasi liwet dengan aneka lauk akan sukses membuat Anda ketagihan. Rasanya akan membuat Anda terkenang-kenang akan Solo.

Di Keprabon terdapat banyak warung nasi liwet. Anda bisa memilih duduk di area lesehan atau di bangku kayu yang terletak di depan pedagang. Uniknya, warung nasi liwet di kawasan ini baru buka setelah magrib hingga malam hari. Jadi lapar tengah malam tak menjadi masalah. Datang ke Keprabon di jalan satu arah yang menuju Jalan Slamet Riyadi.

Penyajian nasi liwet juga tergolong unik. Wadahnya tidak menggunakan piring tetapi dengan daun pisang. Sayangnya warung di Keprabon menggunakan piring. Bahkan dulu nasi liwet dimasak dalam periuk tanah liat. Kini, nasi liwet digodok dalam panci aluminium. Satu tips saat Anda makan nasi liwet di Keprabon adalah tanyakan terlebih dahulu harga makanan yang akan Anda santap. Agar si pedagang agar memberikan harga yang memang sepantasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.