Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serasa Jadi Wartawan (Beneran)...

Kompas.com - 15/07/2011, 05:07 WIB

Setelah dua hari pertama magang diisi berbagai teori tentang seluk-beluk dunia jurnalistik, terjun ke lapangan ibarat wartawan beneran adalah saat yang paling ditunggu magangers.

Pada hari ketiga magang, Rabu (6/7), magangers yang terdiri dari reporter dan fotografer berkesempatan menempel (embedded) dengan wartawan dan fotografer Kompas untuk meliput suatu peristiwa. Wow..., seruuu....

Sudah tak sabar, jadilah saat diumumkan dengan siapa mereka akan meliput, ketegangan dan rasa penasaran bercampur sukacita tergambar jelas di wajah magangers.

Berbagai pertanyaan pun muncul. Bagaimana cara menemukan wartawan atau fotografer yang akan ditempel? Harus pergi bareng atau bertemu langsung di lokasi? Bolehkah ikut bertanya dengan narasumber yang ditemui?

Sebelum berangkat, magangers menunggu di ruang Pendidikan dan Latihan Kompas. Di antara mereka ada yang mondar-mandir, ada juga yang sibuk bertanya rute kendaraan umum yang bisa membawanya ke lokasi liputan.

Waktu embedded setiap magangers enggak sama. Mereka menyesuaikan dengan liputan wartawan yang mereka tempel.

Ada yang meliput setelah makan siang, ada yang sudah ke lapangan sejak pagi, tetapi ada pula yang baru meliput sore hari.

Karena semua harus kembali ke Kompas pukul 17.00, jadilah mereka harus mengatur waktu agar bisa tepat waktu sampai ke lokasi dan kembali ke Kantor Kompas. Persoalan atur-mengatur waktu seperti ini memang jadi bagian dari pekerjaan wartawan.

Pelajaran di lapangan

”Kamu ke mana? Oh, itu kan arah ke Blok M. Ya udah kita barengan aja berangkat,” kata Irma Febriena kepada Adintya Malau yang mau mengikuti Fajar Marta, wartawan Desk Politik dan Hukum yang diminta ke Gedung Kejaksaan Agung di kawasan Blok M.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com