Sim Salabim... Jadi Kolam Ikan Minimalis!

Kompas.com - 14/07/2011, 22:27 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Kini, setelah mengetahui posisi, bentuk, dan ukuran kolam, Anda hanya membutuhkan sedikit ketekunan dan kesabaran membuat kolam ikan minimalis. Berikut ini langkah praktisnya:

- Potong dan hilangkan rumput dari area yang direncanakan untuk membuat kolam. Jangan dibuang semua, tetapi sisihkan untuk dimanfaatkan sebagai penghias jika sewaktu-waktu diperlukan agar lebih variatif.

- Galilah tempat tersebut dengan tingkat landas secukupnya hingga mencapai ukuran bak kolam.

- Siapkan bak kolam yang terbuat dari bahan fiberglass. Posisikan bak kolam ke dalam lubang yang digali sesuai bentuk yang diinginkan.

- Aturlah sedemikian rupa agar kolam benar-benar siap digunakan. Pukul kuat-kuat dasar kolam agar padat.

- Tambahkan air mancur bila diinginkan sebagai pemanis. Untuk membuat air mancur, siapkan pipa kecil berdiameter 4-5 cm dan hubungkan dengan water pump khusus kolam ikan.

- Sebagai finishing, untuk menambah keindahan kolam, Anda bisa membuat kalung dari batu yang mengelilingi taman kolam. Agar terkesan berbaur dengan lanskap alam sekitar, maka pertimbangkan tanaman air seperti lili dan teratai untuk memberi kesan alami.

- Anda pun bisa menanam tanaman akar telanjang langsung ke kerikil atau tempat tanaman dengan beberapa tanah masih menempel ke kerikil. Ini akan membantu tanaman untuk tumbuh lebih cepat.

- Mulailah mengisi air dengan suhu 24-30 derajat celsius, lalu masukkan ikan sesuai keinginan Anda.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X