Penting, Pertimbangkan Bahan Pembuat Kolam Ikan!

Kompas.com - 14/07/2011, 19:57 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Memilih bahan membuat untuk "rumah" ikan memang memerlukan kecermatan. Bukan apa-apa. Karena, bahan yang akan Anda pilih harus memberikan keselarasan bagi ikan-ikan peliharaan Anda.

Selain hawa sejuk, keberadaan kolam ikan di pekarangan atau halaman belakang rumah memang memberikan nuansa tersendiri bagi Anda sekeluarga maupun tamu-tamu yang berkunjung. Menikmati pemandangan ikan-ikan di kolam diyakini, setidaknya mempunyai efek terapi sebagai pelebur stres.

Untuk itu, Anda perlu cermat memilih bahan untuk keselarasan kolam dan ikan-ikan di dalamnya agar sedap dipandang. Beberapa langkah berikut mungkin bisa Anda jadikan acuan:

Beton


Kolam terbuat dari beton memang tahan lama bila dipasang secara tepat. Namun, bila tidak tepat dalam mencampur "adonannya", beton bisa-bisa malah retak sebelum dipakai. Maka, tak bisa tidak, pembuatannya harus di tangan yang benar-benar ahli. Keluar uang sedikit tentu bukan masalah, asalkan hasilnya memuaskan ketimbang dikerjakan sendiri dan rusak sebelum waktunya. 

Semen

Semen juga memilki daya tahan kuat. Umumnya, penggunaan semen jika pemilik rumah lebih senang memelihara ikan koi dan nila. Hanya saja, Anda harus memberikan makanan yang cukup karena persedian makananan alami di kolam semen tidak akan tersedia selain lumut.

Batu Padat

Batu padat juga apik memberikan kesan tersendiri. Selain akan memberikan efek alami, batu padat juga memberikan kelembaban berlebih di sekitar kolam. Anda boleh menetapkan batu-batu alam, mulai di bibir kolam, dinding air terjun, hingga hiasan kubus-kubus.

Plastik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X