Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Geber Kebangkitan Sepak Bola

Kompas.com - 30/06/2011, 01:18 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gubernur Provinsi Aceh Irwandi Yusuf berharap persepakbolaan di "Serambi Mekkah" bisa kembali bangkit dan akan lahir banyak pemain seperti Ismed Sofyan pada masa mendatang. Oleh sebab itu, Aceh akan membina banyak pemain muda, termasuk mengirim mereka ke luar negeri.

Saat ini, pemain Aceh yang paling bersinar adalah Ismed Sofyan. Pemain Persija Jakarta itu juga memiliki karier panjang yang cukup gemilang dan beberapa kali memperkuat tim nasional Indonesia.

Harapan itu disampaikan Irwandi Yusuf di sela-sela jamuan makan malam bersama tim semifinalis Piala Gubernur Aceh II, Rabu (29/6/2011) malam. Irwandi mengakui, persepakbolaan Aceh saat ini tidak segemilang tahun 1980-an. Saat itu, lanjutnya, Aceh pernah menjuarai Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kemunduran sepak bola Aceh terjadi karena Aceh sempat didera konflik sosial yang dipicu oleh hadirnya Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan bencana alam tsunami. Akibatnya, pembinaan sepak bola Aceh terhenti. Pemain-pemain sepak bola kelahiran Aceh pun memilih bermain di luar klub Aceh. Namun, sepak bola Aceh kini mulai bangkit," ungkap Irwandi.

Oleh sebab itu, Irwandi mengirimkan 30 pemain muda untuk mengasah kemampuan di Paraguay dan Argentina. "Walaupun tidak ada kontrak ataupun bayaran, ada ilmu yang mereka dapat. Rencananya ada beberapa pemain lagi yang akan dikirim ke Spanyol pada tahun depan. Saya belum menentukan di klub mana mereka bermain. Saya berharap ada Ismed Sofyan-Ismed Sofyan lain yang lahir," beber Irwandi.

Dalam kesempatan itu, Irwandi sempat berfoto bersama tim Pelita Jaya. Pelita Jaya yang diwakili Asisten Pelatih Djadjang Nurdjaman kemudian menyerahkan sebuah cenderamata berupa kaus Pelita Jaya kepada Irwandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com